Call Center : 024-8448608
Fax : 024-8448610
SMS Pengaduan : 081326026000

PANTAU KETAT SIARAN PILKADA

Diposting pada 25 January 2017 oleh Administrator

PANTAU KETAT SIARAN PILKADA

Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2017, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah mengintensifkan pengawasan terhadap lembaga penyiaran di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota penyelenggaraan Pilkada, meliputi Cilacap, Brebes, Batang, Banjarnegara, Salatiga, Pati, dan Jepara. Pengawasan dilaksanakan tanggal 18-20 Januari 2017 oleh seluruh Komisioner KPID Jateng. Sesuai SOP, pengawasan dilakukan dengan sistem inspeksi mendadak (Sidak) ke studio. “Dengan sidak, kita bisa tahu kondisi riil kegiatan penyiaran yang dilakukan sehari-hari, jadi tidak ada rekayasa”, ungkap Tazkiyyatul Muthmainnah, Koordinator Bidang Aduan dan Pengawasan KPID Jateng.

Berbeda dengan pengawasan reguler, kali ini KPID Jateng melakukan koordinasi intensif dengan KPU dan Panwaslu Kabupaten/Kota. Tujuannya untuk menggali informasi tentang perkembangan keadaan lapangan jelang masa kampanye melalui media. Terutama untuk mengkoordinasikan daftar lembaga penyiaran yang akan ditunjuk KPU untuk kerja sama penyiaran iklan kampanye. Komisioner Bidang Perizinan, Asep Cuwantoro, mengemukakan bahwa pemilihan lembaga penyiaran untuk siaran kampanye harus dilakukan dengan seksama. “Semua radio dan TV yang ditunjuk harus memiliki Izin Penyelenggaraan Penyiaran”, tegasnya.

Sejauh ini, hasil pengawasan menunjukkan situasi kondusif. Lembaga penyiaran dianggap cukup kontributif dalam sosialisasi pelaksanaan Pilkada, baik melalui program berita maupun iklan sosialisasi. Ketua KPID Jateng, Budi Setyo Purnomo menuturkan bahwa peran lembaga penyiaran makin sentral saat ini, terutama lembaga penyiaran lokal yang lebih dekat dengan masyarakat sekitar. “Kita terus dorong radio dan TV di Jateng, Pilkada ini harus sukses. Kita sebagai insan penyiaran akan ikut bangga melihat pesta demokrasi ini membawa perubahan yang lebih baik untuk masyarakat”, tuturnya.

0 Komentar

Leave Comment

Name *

E-mail *

Website

Message