Call Center : 024-8448608
Fax : 024-8448610
SMS Pengaduan : 081326026000

Pelatihan Produksi Feature untuk Para Penyiar

Diposting pada 05 April 2017 oleh Administrator

SALATIGA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) para penyiar di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang digelar pada 20-21 Maret 2017 itu digelar di salah satu hotel di Kota Salatiga.

Adapun tema kegiatan adalah Peningkatan Profesionalisme Penyiar Melalui Uji Kompetensi Profesi. Peserta kegiatan ini diikuti sebanyak 44 penyiar dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah. 44 penyiar itu adalah yang telah lulus dalam uji kompetensi tingkat dasar. Setelah itu, mereka mengikuti uji kompetensi tingkat menengah.

Ketua KPID Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo menyatakan peran penyiar dalam lembaga penyiaran sangat penting. “Sebab, merekalah yang langsung menyiarkan informasi kepada publik,” kata Budi saat memberi sambutan dalam pembukaan.

Kata Budi, jika penyiar keliru dalam menyampaikan informasi maka informasi yang diterima pendengar juga akan keliru. Sebaliknya, jika informasi yang disampaikan penyiar valid dan sesuai dengan etika maka pendengar juga akan menerima informasi yang baik. “Untuk itulah, KPID berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas para penyiar. Agar dunia penyiaran di Jawa Tengah bisa semakin berkualitas,” kata Budi.

Karena pelatihan sudah tingkat menengah, beberapa materi yang diberikan ke peserta adalah: memahami undang-undang Penyiaran dan P3SPS yang disampaikan anggota KPI Mayong Suryo Laksono, manajemen produksi berita penyiaran dan produksi berita feature.

Di sesi terakhir, peserta dibentuk dalam kelompok-kelompok. Mereka diberi tugas ke lapangan untuk memproduksi berita feature. Setelah selesai ke lapangan dan memproduksi berita feature, mereka berkumpul lagi untuk mendengarkan secara bersama-sama. Tiap kelompok diminta untuk memperdengarkan hasil produksinya. Secara umum, produksi berita feature sudah bagus. Meski dari tim penilai ada beberapa catatan tambahan.

0 Komentar

Leave Comment

Name *

E-mail *

Website

Message