SEMARANG – Anggota KPID Jawa Tengah Muhammad Rofiuddin menyatakan media massa tidak bisa membuat berita dari peristiwa yang biasa-biasa saja. Media membutuhkan suatu berita yang memiliki nilai yang unik, penting dan menarik agar banyak yang membaca atau menonton berita yang telah di buat.

“Sesuatu yang penting saja terkadang tidaklah cukup tapi berita harus yang mengandung informasi atau peristiwa yang unik dan menarik,” Muhammad Rofiuddin dalam Diskusi Harlah Nahdlatul Ulama ke 92 dengan tema “NU dalam Sorotan Media,” di Kantor PWNU Jawa Tengah (31/1/2018).

Menurut Rofiuddin, jika sebuah organisasi ingin jadi sorotan atau banyak diliput media maka harus membuat aktivitas/kegiatan yang penting dan unik. Misalnya, jika ingin menyampaikan sesuatu kepada publik maka harus dikemas secara menarik. “Agar media tertarik untuk meliput,” kata Rofiuddin.

Menurut Rofiuddin, media memiliki independensi dalam pembuatan berita. Sehingga sebuah organisasi tak elok jika mengintervensi media agar bisa diliput. Padahal acara organisasi tersebut tidak menarik. Selain itu, media juga harus netral. Namun, terkadang terjadi ketidaknetralan karena seorang wartawan menggunakan subjektivitasnya untuk kepentingan hal-hal tertentu.

Misalnya liputan media soal Komisi Pemberantasan Korupsi vs polisi banyak media yang cenderung membela KPK. Sebab, KPK sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Netralitas itu dapat dilihat dalan dua konteks, yaitu dalam hal proses produksinya dan hasil karya yang dihasilkan,” kata Rofiuddin.

Rofiuddin menambahkan, masa depan media dari zaman kemerdekaan hingga sekarang sudah sangat berkembang pesat. Bahkan saat ini makin banyak media online yang mencemaskan media-media lain seperti media cetak dan televisi.

Selain itu juga ada media sosial yang penggunanya sudah sangat banyak. Media sosial menjadi kanal bagi publik untuk menyuarakan sesuatu. Belum lagi ke depan juga ada digitalisasi televisi sehingga jumlah stasiun televisi akan semain banyak.

Menurut Rofiuddin, NU juga bisa menggunakan media sosial agar bisa menjadi sorotan publik atau informasi/aktivitasnya diketahui banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here