SURAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah rutin menggelar ajang penghargaan untuk Lembaga Penyiaran secara rutin setiap tahunnya. Di tahun 2019 ini, malam Anugerah Penyiaran KPID Jateng 2019 digelar di Central Garden Lorin Solo Hotel, Sabtu (22/6/2019). Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-86 tahun 2019 yang mengambil tema “Penguatan Kearifan Lokal melalui Penyiaran di Era Disrupsi Digital.”

Ketua KPID Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo, mengatakan sangat diperlukan peran serta berbagai pihak guna mewujudkan penguatan kualitas siaran bermuatan kearifan lokal di era disrupsi digital.

“Lembaga penyiaran baik radio dan televisi, serta insan penyiaran di Jawa Tengah, harus memiliki konten informasi siaran berkualitas yang dapat mengedukasi dan menginspirasi masyarakat, sebagai upaya penguatan kearifan lokal di era disrupsi digital sekarang ini. Guna mewujudkan hal itu, maka diperlukan kesadaran dan peran serta semua elemen masyarakat, termasuk insan penyiaran,” kata Budi dalam sambutannya.

PLH Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, melalui momentum Hari Penyiaran Nasional seluruh media di Jawa Tengah dapat menjadi promotor dalam menangkal isu-isu maupun paham yang menyesatkan masyarakat. “Kepada seluruh penyiaran di Jawa Tengah hendaklah menjadi promotor penyelamatan bangsa dari paham-paham, isu-isu yang dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Terdapat 7 kategori penghargaan yang diperebutkan dalam ajang tersebut meliputi Kategori Program Feature Televisi dan Radio Terbaik, Kategori Bincang-Bincang/Talkshow Televisi dan Radio Terbaik, Kategori Program Anak-Anak Televisi dan Radio Terbaik, Kategori Siaran Lokal TV Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) Terbaik, Kategori Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Televisi dan Radio Terbaik, Kategori Penyiar Radio dan Presenter Televisi Pria dan Wanita Terbaik, Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan : Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Radio Terbaik, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Terbaik, Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK) Radio Terbaik, dan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) Televisi Lokal Terbaik.

Peraih Anugerah

Malam itu, Kategori Program Feature Televisi dan Radio Terbaik dibacakan oleh Septandho Hishaf dan Eneastiti. Kategori Program Feature Televisi Terbaik diraih oleh Inspirasi Indonesia episode kekuatan kaki – TVRI Jateng. Program Feature Radio Terbaik diraih oleh Tiongkok Kecil – Pop FM Rembang. Penghargaan diserahkan oleh Taj Yasin Maimoen, Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Kategori Talkshow Televisi dan Radio Terbaik dibacakan oleh Isdiyanto dan Rumania. Kategori Talkshow Televisi Terbaik diraih oleh Gema Kebangsaan Episode Mewujudkan Pemilu 2019 yang Bermartabat – TVRI Jateng. Kategori Talkshow Radio Terbaik diraih oleh Memilih Itu Juara – RRI Semarang. Penghargaan diserahkan oleh Asisten Administrasi Prov. Jateng, Heru Setiyadi.

Kategori Program Anak-Anak Televisi dan Radio Terbaik dibacakan Dini Inayati dan Terra Sudiro. Pemenang Kategori Program Anak-Anak Televisi Terbaik adalah Anak Indonesia episode Queen – TVRI Jawa Tengah. Sedangkan Kategori Program Anak-Anak Radio Terbaik diraih oleh Hompimpa episode SDN Sambiroto 2 – RRI Semarang. Penyerahan penghargaan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Prov. Jateng, Sarwa Pramana.

Adapun Kategori Siaran Lokal TV Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) Terbaik dibacakan Sonakha Yuda Laksono dan Onny Parama. Pemenang Kategori Siaran Lokal TV Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) Terbaik adalah Trans7. Penyerahan penghargaan oleh Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud.

Untuk Kategori Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Televisi dan Radio Terbaik dibacakan oleh Edi Pranoto dan Septando Hisaf. Kategori Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Televisi Terbaik diraih oleh Mengurangi Sampah Plastik – TVKU Semarang. Kategori Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Radio Terbaik diraih oleh Hemat Tisu – TA Radio. Penghargaan diserahkan oleh Ketua MUI Jawa Tengah KH Achmad Darodji.

Kategori Penyiar Pria dab Wanita Radio Terbaik dibacakan oleh Asep Cuwantoro dan Lik Manteb TATV. Peraih Kategori Penyiar Pria Radio Terbaik adalah Intan Hidayat – Elshinta Semarang. Sedangkan pemenang Kategori Penyiar Wanita Radio Terbaik adalah Setiyana Devi Permatasari – RRI Semarang. Penyerahan penghargaan oleh Riena Retnaningrum, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah.

Kategori Presenter Pria dan Wanita Televisi Terbaik dibacakan oleh Setiawan Hendra Kelana dan Terra Sudiro. Kategori Presenter Pria Televisi Terbaik diraih oleh Anggi Hasibuan – Metro TV Jateng. Kategori Presenter Wanita Televisi Terbaik diraih oleh Myra Azzahra – TVKU Semarang. Penyerahan oleh Sinoeng Noegroho Rachmadi, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan : Lembaga Penyiaran Publik Lokal dan Lembaga Penyiaran Komunitas dibacakan oleh Onny Parama dan Eneastiti. Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan Lembaga Penyiaran Publik Lokal dimenangkan oleh LPPL Radio Gemilang FM Magelang. Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang kelembagaan Lembaga Penyiaran Komunitas dimenangkan oleh Perkumpulan Radio Komunitas Dakwah Islam (Dais) MAJT Semarang. Penghargaan diserahkan oleh Bonaventura Sulistiyana, akademisi yang bertindak sebagai juri dalam pengaunegarahan tersebut.

Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan Lembaga Penyiaran Swasta Televisi Lokal dan Lembaga Penyiaran Swasta Radio dibacakan Lik Manteb dan Terra Sudiro. Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan Lembaga Penyiaran Swasta Televisi Lokal diraih oleh PT Televisi Kampus Udinus (TVKU) Semarang. Kategori Lembaga Penyiaran Terbaik Bidang Kelembagaan Lembaga Penyiaran Swasta Radio dimenangkan oleh PT Radio Fastabiq (Fast FM) Magelang. Penyerahan oleh Justus Budiyanto Direktur Utama TA Media Group dan Isdiyanto Ketua Panitia Anugerah Penyiaran KPID Jateng 2019.

Untuk lebih lengkapnya, Nomine dan Pemenang Anugerah Penyiaran Jawa Tengah 2019 dapat di download di sini

Trio Bocah Ngapa(k) yang sedang viral belakangan ini juga turut meramaikan acara tersebut. Bocah Ngapa(k) menjadi inspirasi bahwa konten lokal bisa menasional. Di tangan kreatif bisa menjadi karya dan ikon kearifan lokal dan sangat sesuai dengan tema kegiatan kali ini.

Dalam acara tersebut hadir Trio Bocah Ngapa(k) asal Kebumen yaitu Achmad Azkal Fatih (Azkal), Fadly Dwi Mada (Fadly), dan Ilham Dwi Ramadan (Ilham). Mereka didampingi Rendra Polapike (pemilik kanal youtube Polapike) dan Nura Executive Produser Trans7.

Tak hanya itu saja, penampilan Astrid Sartiasari atau yang dikenal dengan Astrid juga berhasil memukau. Astrid yang menyanyikan single Tentang Rasa itu muncul di tengah-tengah audiens, menyanyi sembari menyapa para tamu yang hadir. Lagu kedua dilantunkan Astrid berjudul Hari Bahagia dan dipersembahkan bagi semua yang sedang berbahagia.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian Penghargaan Khusus kepada beberapa pihak yang telah mendukung terselenggaranya Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Penyiaran Nasional Ke-86. Antara lain, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah, Walikota Surakarta, Walikota Semarang, TATV,TVRI Jateng, dan RRI Semarang. Juga dewan juri yaitu Amir Machmud NS (Ketua PWI Jawa Tengah), KH Achmad Darodji (Ketua Umum MUI Jawa Tengah), Fuad Hidayat (Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah), dan Bona Ventura (Akademisi). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Budi Setyo Purnomo selaku Ketua KPID Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here