Home Berita KPID Lakukan Pembinaan Terkait Siaran Pemilu

KPID Lakukan Pembinaan Terkait Siaran Pemilu

66
0
SHARE

BANYUMAS – Untuk menjamin masyarakat mendapatkan siaran yang sehat dan bermanfaat, salah satu implementasi yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah adalah dengan melakukan pembinaan kepada Lembaga Penyiaran. KPID kali ini melakukan pembinaan kepada Lembaga Penyiaran Eks Karesidenan Banyumas, di Hotel Java Heritage, Senin (12/11/2018).

“Pembinaan sebagai evaluasi hasil pengawasan di wilayah ini sekaligus memberikan pengarahan terkait siaran pemilu,” kata Komisioner KPID Jateng, Sonakha Yuda Laksono.

Kegiatan tersebut menghadirkan Muhammad Rofiudin, Komisioner Divisi Humas dan Hubungan antar Lembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, terkait siaran Pemilu, Lembaga Penyiaran diharapkan untuk tidak menyiarkan kampanye sebelum jadwal kampanye melalui media.

“Kami berharap agar Lembaga Penyiaran meningkatkan intensitas Iklan Layanan Masyarakat (ILM) sosialisasi pemilu. Juga menangkap peluang bisnis dari siaran iklan kampanye yang akan dimulai 21 hari menjelang masa tenang,” kata M Rofi.

Berbeda dengan ketentuan peraturan tahun 2017, iklan kampanye hanya boleh difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), sedangkan pada Pemilu 2019 ini, masing-masing peserta Pemilu dapat memasang iklan secara langsung di Lembaga Penyiaran.

“Ini merupakan peluang bisnis yang bagus bagi peningkatan profit Lembaga Penyiaran, tapi juga harus dibarengi dengan kesadaran mengenai regulasi siaran kampanye,” tutur Komisioner KPID Jateng, Dini Inayati.

Perlu diingat, Lembaga Penyiaran jika ingin menyiarkan iklan kampanye, harus mematuhi jadwal kampanye melalui media. Seperti salah satu televisi swasta di Banyumas yang mengaku sudah mendapatkan tawaran iklan kampanye dari beberapa peserta Pemilu meski belum masuk jadwal, namun tawaran tersebut ditangguhkan.(YyK)