Home Berita KPID Pantau Siaran Pemilu Selama Masa Kampanye

KPID Pantau Siaran Pemilu Selama Masa Kampanye

218
0
SHARE

 

SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, selama masa kampaye, terus melakukan pemantauan siaran. Pemantauan itu termasuk pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye Pemilu 2019.

“Pemantauan dilakukan oleh tenaga 12 orang pemantau yang bekerja dari pukul 08.00-16.00 terhadap 15 televisi Sistem Stasiun Jaringan (SSJ) dan beberapa radio yang ada di kota semarang,” kata Komisioner KPID Jateng, Dini Inayati.

Pemantauan itu mengacu pada Peraturan KPU nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum beserta perubahannya dalam Peraturan KPU Nomor 28 Tahun 2018 dan Peraturan KPU Nomor 33 Tahun 2018. Juga peraturan KPI Nomor 2 Tahun 2012 tentang Standar Program Siaran dan Peraturan Bawaslu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Pemilihan Umum beserta perubahannya dalam Peraturan Bawaslu Nomor 33 Tahun 2018.

Dini mengatakan, salah satu fokus pemantauannya adalah proporsionalitas pemberitaan dan produk jurnalistik lain yang disiarkan oleh televisi maupun radio. “Proporsionalitas yang dimaksud salah satunya diniliai dari durasi pemberitaan serta penilaian atas keberpihakan berita itu sendiri terhadap aktivitas, maupun profil peserta Pemilu 2019,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Jawa Tengah melalui Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemilu 2019 Jawa Tengah, untuk memastikan kampanye berjalan sesuai aturan.

“KPID berharap, pemberitaan di media dapat dilakukan secara lebih berimbang dan mematuhi prinsip-prinsip yang tertuang dalam SPS dan sesuai kode etik jurnalistik,” tutupnya. (YyK)