Home Arsip Mahasiswa UIN Walisongo Praktek Kerja di KPID

Mahasiswa UIN Walisongo Praktek Kerja di KPID

200
0
SHARE

SEMARANG – Sebanyak tujuh mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah. Para mahasiswa itu akan PPL di KPID Jawa Tengah selama satu bulan, yaitu mulai 18 Januari hingga 18 Pebruari 2018.

Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Suroso menyatakan para mahasiswa tersebut berasal dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). “Sehingga mereka cocok jika PPL-nya di KPID,” kata Suroso, Kamis (18 Januari 2018).

KPID adalah lembaga publik yang mengurusi penyiaran, mulai dari perizinan lembaga penyiaran, pengawasan isi siaran, peningkatan profesionalisme lembaga penyiaran dan lain-lain.

Fakultas Dakwah menyerahkan sepenuhnya mahasiswa yang PPL tersebut kepada KPID. Mulai dari penempatan praktik kerja, sistem kerja, hingga penilaian para peserta PPL. Kampus juga berharap agar KPID bisa memberikan praktik-praktik pengalaman kerja kepada mahasiswa. Sebab, selama ini para mahasiswa sudah banyak menerima teori dan ilmu pengetahuan di kampus.

KPID membagi tujuh mahasiswa tersebut ke berbagai bidang kerja, yakni pemantau isi siaran, kelembagaan, perizinan dan administrasi. Sewaktu-waktu mereka akan dilukir agar masing-masing mahasiswa bisa menimba pengetahuan dan praktik kerja antar bidang.

Ketua KPID Jawa Tengah Budi Setyo Purnomo menyambut baik kedatangan mahasiswa UIN untuk PPL di KPID Jawa Tengah. “KPID adalah badan publik sehingga ini bisa digunakan untuk kebaikan kita semua, terutama untuk dunia penyiaran di Jawa Tengah,” kata Budi. Alumnus Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro ini berharap agar mahasiswa yang PPL bisa memanfaatkan waktu selama satu bulan ini untuk meningkatkan kapasitas, jaringan dan ilmu pengetahuan. “Jangan hanya motif mencari nilai,” kata Budi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here