Home Arsip Masyarakat Bisa Laporkan Pelanggaran Pilkada lewat Pojok Aduan

Masyarakat Bisa Laporkan Pelanggaran Pilkada lewat Pojok Aduan

214
0
SHARE
Wakil Ketua KPID Jawa Tengah Asep Cuwantoro berpose bersama peserta pembekalan kelompok masyarakat pemantau di LPPL Radio Swara Kendal, Kamis (22/2/2018).
Wakil Ketua KPID Jawa Tengah Asep Cuwantoro berpose bersama peserta pembekalan kelompok masyarakat pemantau di LPPL Radio Swara Kendal, Kamis (22/2/2018).

KENDAL- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah meminta Kelompok Pemantau agar aktif mengawasi isi siaran selama masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Wakil Ketua KPID Jawa Tengah, Asep Cuwantoro, KPID telah sepakat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait mekanisme pengawasan. Di antaranya membentuk pojok aduan di tiap Kabupaten/ Kota.

Melalui pojok aduan itu, masyarakat bisa menyampaikan dugaan pelanggaran selama masa kampanye Pilkada.

Asep mengatakan, Lembaga Penyiaran memiliki posisi strategis dalam Pilkada serentak di Jawa Tengah. Konten siaran yang dihasilkan berpengaruh dalam membangun opini publik.

Dia mengatakan, kelompok masyarakat pemantau bisa menjadi agen literasi media di daerah. Harapannya publik bisa melek media. Dia mengatakan, masyarakat kurang begitu memahami kapan pelaksanan Pilkada. Siapa saja calonnya dan dari mana latar belakangnya.

Dia berharap kekacauan pemberitaan Pilkada di Jakarta tak terjadi di Jawa Tengah. “Kita harus mengantisipasi. Kita jadi tentara langit untuk mengawal isi siaran agar lembaga penyiaran di Jateng tidak terkontaminasi,” katanya saat pembekalan kelompok masyarakat pemantau di LPPL Radio Swara Kendal, Kamis (22/2/2018).

Dalam kesempatan itu, Asep juga menyosialisasikan Surat Edaran KPI Nomor 68/K/KPI/31.2/02/2018 tentang Penyiaran Masa Kampanye Pilkada serentak 2018. Ada sejumlah larangan yang Bisa menjadi acuan bagi Kelompok Pemantau dalam mengawasi.

Anggota kelompok pemantau, Murni mengatakan, pihaknya akan menyosialisasikan mekanisme pengawasan dalam Rakerda Penggerak PKK Kendal dalam waktu dekat ini.

“Kita bisa menyampaikan paparan yg telah disampaikan sampai ke tingkat bawah,” katanya.(*)