Call Center : 024-8448608
Fax : 024-8448610
SMS Pengaduan : 081326026000

Profil Komisioner

 

 

BUDI SETYO PURNOMO, S.Sos. M.IKom

 

Ketua KPID Jawa Tengah periode 2014-2017 ini lahir di Semarang pada tanggal 2 September 1968, Lulus pendidikan S1 Fisip Komunikasi Undip pada tahun 2007 kemudian melanjutkan pendidikan S2 Komunikasi UNDIP dan lulus dengan IP 3,50 pada tahun 2011. Selain sebagai dosen di Fakultas Komunikasi UNPAND, juga sebagai Redaktur Senior Cempaka dan Wakil Pemimpin Perusahaan Suara Merdeka Group.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan antara lain adalah penelitian beras herbapodi di Thailand pada tahun 2013, penelitian tentang penyiaran RPM Malaysia, Penelitian tentang radio dan televisi di Joho, Malaysia, Penelitian TV berjaringan di SCTV, Metro TV dan Trans TV serta riset tentang Citizen Jurnalism PPWI.

Selain melakukan penelitian aktif juga mengikuti seminar-seminar tentang jurnalistik, fotografi dan budaya keroncong. Pada tahun 2010 mengikuti diskusi yang bertajuk Jurnalis radio dan televisi di Malaysia. Beberapa tulisan yang pernah dibuat antara lain adalah Fenomena film horror, PPWI Hantu Citizen Jurnalism serta Andai Media Penyiaran Peduli Pendidikan Budi Pekerti.

 

 

ASEP CUWANTORO, S.Pd.I., M.Pd.

 

Lahir di Brebes pada tanggal 12 April 1983. Koordinator Bidang Penataan Infrastuktur Isi Siaran KPID Provinsi Jawa Tengah yang telah menjabat hampir setengah tahun ini dan tergolong Komisioner termuda. Dalam biografi Asep Cuwantoro telah menempuh pendidikan dasar pada tahun 1995 hingga pendidikan menengah atas tahun 2001 di Kabupaten Brebes tepatnya Kecamatan Banjaran dan Salem. Setelah itu tahun 2007 melanjutkan ke Perguruan tinggi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, dan tahun 2010 lulus Pascasarjana di UNNES.

Berdasarkan Riwayat pekerjaannya dari tahun 2010 hingga sekarang ini beliau adalah Dosen di STAI Matholi’ul Falah di Kabupaten Pati, Selama masa kuliah banyak kursus dan pelatihan yang telah diikutinya seperti Pendidikan Kader Lanjut, Training Of Trainer, Workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pelatihan Presenter dsb. Selain itu beliau juga kerap menjadi Narasumber, Juri, Pemateri serta Moderator di berbagai kegiatan, seminar, loka karya dalam negeri dan luar negeri.

 

SETIAWAN HENDRA KELANA, S.Kom

 

Koordinator Bidang Pelayanan Perijinan  KPID Jawa Tengah Periode 2014-2017 ini lahir pada tanggal 21 Juni 1975 di Semarang. Lulus S-1 tahun 2000 di Universitas Dian Nuswantoro Fakultas Teknik Informatika yang sebelumnya adalah STIMIK Dian Niswantoro Semarang. Selain pernah menjadi Redaktur Nasional Suara Merdeka dan Kepala Biro Kota Suara Merdeka, saat ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Suara Merdeka CyberNews.

Kegiatan jurnalistik yang pernah diikuti antara lain sebagai pembicara pada seminar Manajemen Media Massa yang digelar olehKDW Jawa Tengah, Cara Mudah Menulis Berita, Jurnalisme Online, Pedoman Media Cyber, Mengenal Dinamika Media Online Indonesia serta mengikuti Konferensi Media Digital di Hongkong. Tulisan yang pernah dimuat antara lain adalah Menjaga Fitrah Manusia yang terbit di Suara Merdeka dan Mendisiplinkan Pengendara dan Pejalan Kaki.

Selain sebagai Pemimpin Redaksi Suara Merdeka CyberNews, aktivitas lainnya antara lain sebagai Ketua Komisi Tetap Multimedia dan Penyiaran KADIN Jawa Tengah, Wakil Ketua KNPI Jawa Tengah, Humas Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah serta Anggota Kelompok Diskusi Wartawan Jawa Tengah.

 

 

 

TAZKIYYATUL MUTHMAINNAH, SKM

 

Koordinator bidang Aduan dan Pengawasan KPID Jawa Tengah Periode 2014-2017 ini lahir di Blora pada tanggal 17 Februari 1979. Lulus dari UNIMUS Semarang pada tahun 2011. Selain sebagai Direktur CV. Tazkya Laa Raiba juga bekerja di SNIP LP Ma’arif NU Jawa Tengah. Aktif di beberapa organisasi antara lain IPPNU Kabupaten Blora, PW IPPNU Jawa Tengah, FKDM Jawa Tengah, PW Fatayat NU Jawa Tengah serta FKUB Generasi Muda Jawa Tengah.

Beberapa seminar dan Lokakarya yang pernah diikuti antara lain, Training Jurnalistik Pesantren di Yogyakarta, Seminar Kebebasan Pers dan Demokrasi, Training Pelajar Melek Media, Peran Pemuda dalam Menanggulangi Radikalisme Agama demi Keutuhan NKRI serta Workshop Effective School Improvement.

Aktif menjadi penulis di Suara Merdeka, antara lain Kembali Merebut Pendengar pada tahun 2013, PlLGUB Abai Perempuan, Titik Temu Non Teologis, Menegaskan Arah Perjuangan IPPNU serta Kegelisahan IPPNU, Kegelisahan Aktivis.

 

DINI INAYATI, ST

 

 

 

MUHAMMAD ROFIUDIN,M.Ikom

Lahir di Blora, 5 Mei 1982. Dunia media massa/pers ia kenal sejak akhir 2005 saat menjadi koresponden Tempo di Tegal dan sekitarnya. Sempat ikut pendidikan wartawan Tempo di Jakarta selama tiga bulan. Setelah itu, pada pertengahan 2006, menjalankan tugas sebagai jurnalis Tempo di Semarang dan sekitarnya. Karena menjadi komisioner KPID Jawa Tengah periode 2017-2020, ia mundur dari jurnalis Tempo.

Pendidikan formalnya di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Negeri Lasem, Rembang. Setelah itu, di Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang (2000-2007). Pada 2009,  melanjutkan kuliah di Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang.
Riset tesisnya yang berjudul: Menelusuri Praktik Pemberian Amplop Kepada Wartawan di Semarang (2011) diterbitkan menjadi buku oleh Dewan Pers dengan judul: Wartawan dalam Kepungan Suap: Kuasa Amplop Narasumber dalam Habitat Wartawan (2013).
Kini, ia menjadi dosen tamu di Jurusan Ilmu Komunikasi Undip (2011-sekarang), jurusan komunikasi Universitas Katolik Soegijopranoto, dan jurusan komunikasi Universitas Pandanaran Semarang.
 

Aktivitas yang pernah dijalani antara lain: Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang 2013- 2016), Koordinator Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah 2015 dan lain-lain.

 

 

SONAKHA YUDA LAKSANA, SE

Lahir di Semarang 2 Oktober 1978, menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi Undip tahun 2003. Mengawali karier di unit riset kelompok majalah Kompas Gramedia Grup. Saat ini selain sebagai direktur Lembaga Pengembangan Masyarakat Mandiri Indonesia, juga sebagai pengajar di lembaga pendidikan Bhakti Nusa, ketua PNTI Kabupaten Kendal, dan direktur Laksana Jaya Mandiri.
Aktif dalam kegiatan literasi media khususnya pada anak, riset konten pada majalah anak, dan terakhir mengikuti kursus tentang pengaruh media terhadap terjadinya konflik dan upaya perdamaian “Sustainable Reconciliation Peace And Conflict Analysis” di Siem Riep Kamboja.