SEMARANG – Salah satu rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-86 adalah Pemecahan Rekor MURI Baca Berita Menggunakan Bahasa Daerah dengan Pembaca Berita Terbanyak, versi radio dan televisi. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah mengajak Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio yang ada di Jawa Tengah untuk berkerja sama dalam pembuatan rekor muri ini.

Pemecahan rekor MURI yang dilaksanakan pada Selasa (18/06/2019) itu dikoordinasi oleh LPP RRI Semarang dengan pembacaan berita yang dilakukan oleh para pejabat yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Wakil Ketua KPID Jawa Tengah, Asep Cuwantoro, mengatakan pemecahan rekor ini dipersembahkan untuk Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Tengah. “Bahasa daerah yang digunakan dalam pemecahan rekor ini adalah bahasa Jawa. Kami ingin menyampaikan bahwa dari Jawa Tengah kita suarakan informasi yang damai dan baik untuk persatuan dan kesatuan negara ini. Jawa Tengah yang adem, ayem dan tentrem,” ungkapnya.

Pembacaan berita ini disiarkan secara langsung oleh 35 Lembaga Penyiaran yang ada di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Sedangkan untuk pemecahan rekor versi televisi akan dilaksanakan di studio mini kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu, 19 Juni 2019 yang akan disiarkan oleh 16 televisi lokal yang ada di Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here