Teguran Tertulis untuk POP FM Tegal

 

Tgl. Surat 28 Maret 2018
No. Surat 482/083
Status Teguran Tertulis
Lembaga Penyiaran POP FM Tegal
Program Siaran Iklan “Kopine Mas”
Deskripsi Pelanggaran  

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran berwenang mengawasi pelaksanaan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS), serta memberikan sanksi terhadap pelanggarannya.

Berdasarkan pemantauan isi siaran dan hasil kajian, KPID Provinsi Jawa Tengah telah menemukan pelanggaran dalam Iklan “Kopine Mas” yang disiarkan oleh Radio POP FM Kabupaten Tegal tanggal 21 Maret 2018 pukul 09.36 WIB dan 11.00 WIB. Dalam iklan tersebut dipromosikan produk kopi yang berkhasiat pada peningkatan vitalitas pria, yang disiarkan di luar jam siar dewasa.

KPID Jawa Tengah memutuskan bahwa siaran tersebut telah melanggar Peraturan KPI No. 2 Tahun 2012 tentang Standar Program Siaran (SPS) Pasal 59 Ayat (3) yang menyatakan bahwa Program siaran iklan produk dan jasa untuk dewasa yang berkaitan dengan obat dan alat kontrasepsi, alat deteksi kehamilan, dan vitalitas seksual hanya dapat disiarkan pada klasifikasi D, pukul 22.00-03.00 waktu setempat.

Atas dasar tersebut, KPID Provinsi Jawa Tengah memutuskan memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis kepada PT. Radio Serenada Gita Pertiwi (POP FM) Kabupaten Tegal. Selanjutnya lembaga penyiaran Saudara diminta untuk menaati ketentuan dalam Undang-undang dan Peraturan Penyiaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here