Teguran Tertulis untuk Semarang TV

 

Tgl. Surat 15 Maret 2018
No. Surat 482/062
Status Teguran Tertulis
Lembaga Penyiaran Semarang TV
Program Siaran Program Talkshow Al Aswad

Program Talkshow Mega

Program Talkshow Dokter Kita

Deskripsi Pelanggaran  

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran berwenang mengawasi pelaksanaan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS), serta memberikan sanksi terhadap pelanggarannya.

Berdasarkan pemantauan isi siaran dan hasil kajian, KPID Provinsi Jawa Tengah telah menemukan pelanggaran, dalam:

1.       Program Talkshow Al Aswad tanggal 1 Maret 2018 pukul 08.58 WIB;

2.       Program Talkshow Mega 6 tanggal 1 Maret 2018 pukul 09.31 WIB;

3.       Program Talkshow Dokter Kita tanggal 8 Maret 2018 pukul 15.35 WIB.

Dalam program-program tersebut, ditayangkan talkshow promo produk kesehatan dengan menampilkan gelar akademis dan/atau atribut profesi dokter. KPID Provinsi Jawa Tengah memutuskan bahwa siaran tersebut telah melanggar Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1787 Tahun 2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan Pasal 5 huruf o bahwa Iklan dan/atau publikasi pelayanan kesehatan tidak diperbolehkan menggunakan gelar akademis dan/atau sebutan profesi di bidang kesehatan; serta Etika Pariwara Indonesia poin 2.3.5 yang menyebutkan bahwa “Iklan tidak boleh menggambarkan atau menimbulkan kesan adanya anjuran, rekomendasi, atau keterangan tentang penggunaan obat tertentu dari dokter, perawat, farmasis, laboratoris, dan pihak-pihak yang mewakili profesi kesehatan, beserta segala atribut mereka, ataupun atribut-atribut lain yang berkonotasi pada profesi kesehatan”.

Atas dasar tersebut, KPID Provinsi Jawa Tengah memutuskan memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis kepada PT. Cakrawala Televisi (Semarang TV). Selanjutnya lembaga penyiaran Saudara diminta untuk menaati ketentuan dalam Undang-undang dan Peraturan Penyiaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here