BREBES – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah berkunjung ke Radio Swara Salem, Brebes, Jumat (13/7/2018). Kunjungan ini dalam rangka verifikasi faktual menindaklanjuti permohonan Izin Penyelenggaran Penyiaran (IPP) radio komunitas milik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Salem, Brebes itu.

Komisioner KPID Jateng yang melakukan verifikasi faktual adalah Muhammad Rofiuddin dan Asep Cuwantoro. Mereka disambut oleh Kepala Sekolah SMA N 1 Salem, Zainal Alimin beserta jajarannya.

Dalam kesempatan itu, tim KPID Jateng mengecek dokumen permohonan perizinan. Tim meninjau studio, alat-alat siaran, serta sarana dan prasarana. KPID Jateng juga melakukan dialog dengan para penyiar yang merupakan siswa SMA tersebut.

KPID Jateng mengapresiasi Radio Swara Salem karena radio ini merupakan radio komunitas milik sekolah. Kunjungan ini, diharapkan agar radio tersebut segera mendapatkan izin prinsip. “Kami cukup bergembira, karena komitmen pemohon izin cukup serius. Meski terbatas, studionya pun sudah cukup bagus,” ungkap Rofiuddin.

Rofiuddin menjelaskan, setelah verifikasi faktual ini, untuk mendapatkan izin tetap, pengelola Radio Swara Salem akan diundang pada Rabu, 18 Juli 2018 ke kantor KPID Jateng, guna melakukan presentasi program siaran. Tak hanya itu, mereka juga diharapkan dapat mendengarkan contoh siaran radio dan iklan layanan masyarakat yang ada pada radio tersebut.

KPID berharap, jika Radio Swara Salem mendapatkan IPP, maka ke depannya bisa melakukan fungsinya, yaitu memberikan informasi, mendidik, dan menjadi kontrol terhadap komunitas di sekitar Radio Swara Salem maupun SMA N 1 Salem, Brebes.

“KPID juga berpesan, agar Radio Swara Salem selalu mematuhi regulasi dan etika penyiaran. Tidak boleh menyiarkan iklan komersial, karena radio ini merupakan radio komunitas,” pesan Rofiuddin.

Sementara, Kepala Sekolah SMA N 1 Salem, Zainal Alimin, mengaku sangat senang dengan kedatangan tim verifikasi faktual KPID Jateng. “Kami sangat berterimakasih permohonan izin kami sudah ditindak lanjuti. Walau proses perizinan memang berat, tapi kami tetap bersemangat. Dengan harapan mendapatkan izin tetap siaran. Kami juga berharap KPID selalu memberikan bimbingannya,” kata Zainal. (YyK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here