PURWOREJO – Verifikasi Faktual merupakan prosedur standar perizinan yang dilakukan pada setiap pemohon izin penyelenggaraan penyiaran untuk memastikan adanya aktivitas siaran dan infrastruktur yang layak untuk bersiaran. Dalam rangka memastikan kelayakan pemberian perpanjangan izin, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi faktual ke Radio Komunitas Mitra FM Purworejo dan Radio Binamas FM Purworejo pada Senin (20/7). Keduanya merupakan pemohon perpanjangan izin penyelenggaraan penyiaran untuk lima tahun ke depan.

Verifikasi faktual dilaksanakan oleh Dini Inayati dan Sonakha Yuda Laksono, keduanya adalah Komisioner Bidang Isi Siaran KPID Jawa Tengah, dengan mendatangi langsung lokasi studio siaran untuk melihat langsung aktivitas siaran dan kesiapan pengelola. Menurut Dini Inayati, proses perpanjangan sekaligus menjadi rangkaian mengevaluasi lembaga penyiaran. “Lembaga Penyiaran harus terus berbenah agar pada periode izin 5 tahun ke depan, pelaksanaan aktivitas siaran lebih baik”, tegas Dini.

Pada kesempatan tersebut KPID Jawa Tengah memberikan penekanan pada pengelola lembaga penyiaran untuk lebih aktif dalam menyajikan konten informatif bagi masyarakat. “Pada masa new normal ini, radio sebaiknya menyajikan informasi yang menumbuhkan optimisme bagi masyarakat. Masyarakat harus tetap produktif meskipun tengah menghadapi pandemi”, papar Sonakha Yuda.

Selanjutnya Radio Komunitas Mitra FM dan Radio Binamas Purworejo akan diminta mempresentasikan perihal eksistensi radionya dalam tahapan proses perizinan selanjutnya yaitu Evaluasi Dengar Pendapat (EDP). Forum EDP sekaligus menjadi ruang evaluasi secara menyeluruh terhadap lembaga penyiaran pemohon perpanjangan izin. (Qut)