SEMARANG – Menyikapi penyebaran wabah virus corona/covid-19 di Indonesia, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai perlu keterlibatan dan kepedulian dari lembaga penyiaran dalam penyampaian informasi penting demi menjaga keutuhan dan keselamatan bangsa dan negara.

Untuk itu KPI mengeluarkan Surat Edaran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat tertanggal 16 Maret 2020 Nomor 156/K/KPI/31.2/03/2020 tentang Peran Serta Lembaga Penyiaran dalam Penanggulangan Persebaran Wabah Corona.

Surat Edaran ini dimaksudkan untuk mengajak lembaga penyiaran berkontribusi dalam upaya membantu Pemerintah mensosialisasikan upaya pencegahan Pandemi Covid-19, termasuk imbauan menjaga pergerakan, social distancing measure.

Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah batasan-batasan yang perlu diperhatikan berkaitan dengan perkembangan pandemi Covid-19 sesuai ketentuan Peraturan KPI Nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Peraturan KPI Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang Standar Program Siaran.

“KPID berharap lembaga penyiaran berkontribusi dalam upaya membantu mensosialisasikan upaya pencegahan pandemi Covid-19. Juga menyiarkan informasi yang mendidik dan benar dengan memastikan siapa sumber informasinya,” kata Budi SP, Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa hal penting yang patut diperhatikan lembaga penyiaran dituangkan dalam surat edaran yang dapat di download disini