Home Berita Gubernur Dukung KPID Majukan Penyiaran Jawa Tengah

Gubernur Dukung KPID Majukan Penyiaran Jawa Tengah

200

SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah melakukan audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dihadiri oleh komisioner KPID Provinsi Jawa Tengah, Kepala Biro Hukum dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah. Dalam audiensi tersebut, Wakil Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah Asep Cuwantoro menyerahkan buku Laporan Kinerja Akhir Masa Jabatan periode 2017-2020, Senin (20/01) di Ruang Kerja Gubernur Provinsi Jawa Tengah.
Disampaikan juga mengenai beberapa permasalahan yang sulit untuk diatasi oleh KPID Provinsi Jawa Tengah, misalnya perlu adanya perubahan regulasi UU Penyiaran, sedangkan saat ini masih menggunakan UU Nomor 32 tahun 2002 tentang Penyiaran. Tidak adanya pihak lain yang memperhatikan televisi dan radio, kecuali KPI dan KPID juga menjadi permasalahan untuk kemajuan dunia penyiaran, padahal posisi KPID, sesuai UU Penyiaran seperti digantung.

“Melalui pengawasan, KPID Provinsi Jawa Tengah telah menemukan masih banyak radio yang tidak mentaati regulasi. Bahkan ada beberapa radio yang tidak bersiaran secara berturut-turut selama tiga bulan,” kata Asep.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, siap mendukung KPID dalam mengatasi permasalahannya saat ini. Memang, diakuinya banyak menemui Sumber Daya Manusia (SDM) radio yang kualitasnya seadanya. Mereka adalah yang mencoba bertahan di dunia radio. “Radio harus move on,harus memberikan sesuatu yang baru, juga memanfaatkan media sosial untuk menunjang keberlangsungan radionya,” ungkapnya. (YK)