JAKARTA. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke newsroom (kantor berita) Cable News Network (CNN) Indonesia. Kunjungan Komisioner KPID Jateng, Asep Cuwantoro, Setiawan Hendra Kelana, Sonakha Yuda Laksono dan Dini Inayati ke stasiun televisi dan situs berita itu di sambut oleh Titin Rosmasari, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia, Rabu (25/7/2018).

Asep Cuwantoro, Wakil Ketua KPID Jateng, mengatakan, pada awal proses pengajuan ijin siar CNN Indonesia, banyak pro dan kontra terjadi. Ia bahkan termasuk salah satu yang mengkritisi kehadiran CNN Indonesia.

“Ketika Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) saat proses pengajuan ijin, saya mengkritisi betul kehadiran CNN Indonesia. Kritikan saya itu semata untuk memastikan kedaulatan informasi dalam negeri, dimana kita tahu CNN itu pusatnya di Amerika Serikat (AS),” kata Asep.

Ia menjelaskan lebih lanjut, setelah bersiaran melalui saluran Trans Media, CNN Indonesia menyajikan berita konten lokal maupun internasional dengan informasi yang baik dan sehat. “Setelah tiga tahun bersiaran, ternyata pihak redaksi menunjukan komitmen yang bagus untuk wajah pemberitaan nasional,” ucapnya.

Titin mengakui, saat mengajukan permohonan ijin siar, pihaknya menemukan beberapa kritikan yang membangun. “Ketika pengajuan ijin tahun 2015, kehadiran kami banyak dipertanyakan. Sekarang saatnya kami membuktikan, bahwa kami memang ingin memberikan sajian informasi yang terbaik. Berita yang kami sajikan tidak asal cepat, tetapi juga dengan tanggung jawab. Tentu kami juga berterimakasih atas perhatian KPID Jateng untuk CNN Indonesia,” ungkapnya.

Kunjungan KPID Jateng ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan bersilaturahmi untuk menjaga hubungan baik. “Kehadiran kami ke sini untuk melihat secara langsung proses produksi berita di CNN Indonesia. Kami berharap, CNN Indonesia mampu menunjukan kualitas berita yang baik dan bertanggung jawab,” pungkas Asep. (YyK)