TEMANGGUNG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah melakukan Verifikasi Faktual (VF) Lembaga Penyiaran (LP) PT Radio Trio Manunggal Sejati (O2 Temanggung), Kamis (22/3/2018).  Saat ini Radio O2 tengah mengajukan perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP).

Komisioner KPID Provinsi Jawa Tengah yang memverifikasi yaitu Setiawan Hendra Kelana dan Tazkiyyatul Muthmainnah. Tim diterima langsung oleh pimpinan radio, Wida Kristyawati di Studio Radio O2, Jalan Jenderal Sudirman No.164 Kowangan, Temanggung.

Verifikasi faktual merupakan rangkaian yang harus dilalui lembaga penyiaran pemohon perpanjangan IPP sebelum Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) oleh KPID.  Dari hasil EDP, KPID akan mengeluarkan Rekomendasi Kelayakan (RK) yang akan diserahkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sebelum mengeluarkan perpanjangan izin.

Dalam kesempatan itu, Komisioner KPID mengecek berkas permohonan perpanjangan IPP. Komisioner juga mengecek studio dan ruang produksi Radio O2.

Setiawan Hendra Kelana menegaskan, sebagai radio yang eksis, Radio 02 harus menunjukkan peningkatan terutama dari aspek program siaran. Setiawan juga mendorong Radio O2 untuk melakukan diversity of content dengan menambah program berita, program agama, program talkshow dan sebagainya. Dengan demikian tidak didominasi program hiburan saja.

“Radio O2 merupakan radio yang sudah bersiaran lama sehingga manajemen dan program siarannya sudah tertata dengan baik. Tinggal bagaimana pengelola meningkatkan kualitas siaran jangan berbangga dengan apa yang ada sekarang,” kata lelaki yang akab disapa Iwan itu.

Menurut Wida, dari segi program siaran Radio O2 mengalami peningkatan. Ia menyebutkan ada program berita terjadwal, program anak setiap hari pukul 06.00 dengan durasi 30 menit, dan program talkshow kerjasama dengan instansi-instansi di Kabupaten Temanggung seperti Pegadaian dan Pajak.

Wida berharap ke depan Radio O2 bisa menjadi lebih baik. Ia mengatakan, saran atau masukan dari KPID akan dijadikan acuan untuk perbaikan.

Sementara itu, Tazkyatul Muthmainnah mengingatkan agar Radio O2 mempersiapkan sebaik-baiknya termasuk revisi berkas permohonan yang harus sudah selesai sebelum dilakukan EDP.

“Program-program  yang menjadi unggulan Radio O2 agar direkam untuk disertakan pada saat paparan di EDP sebagai nilai tambah bahwa radio layak mendapat perpanjangan izin,” katanya. (*)