MAGELANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Tengah mengadakan Dialog Opini Publik, Selasa (25/02) di Kota Magelang.

Dialog yang mengusung tema “Peran Radio dalam Pembangunan di Era 4.0” tersebut selaku narasumber adalah Errol Jonathans (Dirut Radio Suara Surabaya) dan Sonakha Yuda Laksono (Anggota KPID Provinsi Jateng). Dimoderatori oleh Wiwit Puryanto (Penyiar LPPL Gemilang FM).

Sonakha, dalam paparannya mengajak Lembaga Penyiaran (LP) untuk membangun sinergi antar LP radio yang ada di Jawa Tengah untuk Indonesia Maju. “Sinergi tersebut melalui siaran bersama antar LP. Dasar pemikirannya adalah, karena Lembaga Penyiaran memiliki penetrasi yang kuat secara langsung kepada masyarakat. Peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk agenda positif,” ungkapnya.

Siaran bersama ini dapat digunakan sebagai sarana mendorong masyarakat Jawa Tengah menyampaikan aspirasi untuk percepatan program pembangunan yang tepat. “Juga sebagai perekat sosial, informasi daerah dapat meningkatkan self belonging masyarakat untuk bersama-sama dalam memajukan daerah,” katanya.

Sementara Errol Jonathans dalam dialognya berjudul “Kreativitas Radio di Era 4.0” mendorong radio untuk turut berkontribusi terhadap pembangunan Jawa Tengah. “Radio di Era 4.0 saat ini harusnya menggunakan pola interaktif dan partisipatif,” tuturnya.

Ia mengingatkan, konvergensi dengan internet dan media sosial jangan sampai melemahkan radio, tetapi strategi mendorong publik tetap suka mendengarkan siaran radio yang auditif. “Sebagai rumpun media arus utama (mainstream), radio potensial menjadi validator informasi hoax dan fake news. Buka babak baru, sukses radio di Era 4.0,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Setyo Irawan (Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah) serta Dini Inayati, Setiawan Hendra Kelana dan Isdiyanto (Anggota KPID Provinsi Jawa Tengah). (YK)