SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menggelar Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) bersama radio SS FM Semarang. EDP yang diadakan di Ruang Rapat lt.3 KPID Jateng, Kamis (24/01/2019) itu merupakan bagian dari proses yang harus dilalui radio SS FM untuk pengajuan permohonan perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP).

Ketua KPID Jateng, Budi Setyo Purnomo mengingatkan agar radio SS FM selaku lembaga penyiaran selalu menyuguhkan siaran yang sehat dan baik untuk masyarakat. “Untuk mewujudkan itu, KPID berharap radio SS FM bisa memutar lagu Mars KPI. Agar publik bisa hafal, karena di dalam lagu tersebut mengandung hal baik pada liriknya. Tidak harus setiap hari,” katanya saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya radio SS FM yang bersegmen remaja ini akan lebih baik jika terdapat program keagamaan yang dikemas lebih baik dengan gaya anak muda. “Siaran keagamaan ini dapat membekali remaja dengan informasi yang baik, juga bisa menarik pemasang iklan. Kemasan yang lebih baik, dan bersifat menghibur, akan menarik. Sehingga masyarakat tidak bosan dengan ceramah agama yang monoton,” ungkapnya.

Asep Cuwantoro, Wakil Ketua KPID Jateng pada kegiatan tersebut mengatakan, visi radio SS FM harus diperkuat. “Jangan cepat puas dengan begini saja. Ini berhubungan dengan eksistensi, jadi jangan menyepelekan visi. Karena visi menjadi pijakan untuk semua bagian di lembaga penyiaran,” katanya dalam EDP yang juga dihadiri oleh Komisioner Sonaka Yuda Laksono dan Edi Pranoto.

Radio, dikatakannya, tetap harus mempunyai kekuatan untuk bersaing dengan lembaga penyiaran lain. “Agar radio SS FM bisa maju. Program-program siaran harus bisa mengakar ke pendengar. Karena banyak pesaing yang lebih besar. Secara umum, radio SS FM memang sudah memenuhi standar, tapi tetap harus ditingkatkan,” ungkapnya.

Danny, perwakilan dari radio SS FM mengungkapkan, setiap hari, selalu ada rapat untuk menentukan tema apa yang akan diangkat. “Kami mempunyai catatan, yang disebut buku sakti, berisi tentang kumpulan tema agar tidak ada yang sama setiap harinya, dalam satu tahun. Kami selalu mengasah kreatifitas untuk kemajuan radio,” katanya.

Menurutnya, berdasar survey yang dilakukan bekerjasama dengan pihak luar, radio SS FM di Semarang berada di peringkat ketiga. “Semua masukan kami terima dengan senang hati demi kemajuan radio SS FM,” ungkapnya. (YyK)