SEMARANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah mengadakan klarifikasi aspek program siaran dalam rangka Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) bersama PT Radio Suara Cafe (Radio Cafe FM) Purwodadi.

Komisioner Bidang Perizinan, Setiawan Hendra Kelana selaku moderator dalam kegiatan yang diadakan di lantai III Kantor KPID Provinsi Jawa Tengah itu dihadiri Anggota KPID Provinsi Jawa Tengah dan pemohon yang memaparkan program siaran, Rabu (12/02). Evaluasi ini merupakan salah satu tahapan untuk mendapatkan Izin Penyelenggaran Penyiaran (IPP).

Wakil Ketua KPID Provinsi Jawa Tengah, Asep Cuwantoro pada kesempatan itu mengapreasi tentang perencanaan program yang sudah baik. “Untuk standar radio baru, program acaranya sudah luar biasa. Bahkan memiliki Iklan Layanan Masyarakat (ILM) tadi yang diputar, sudah bagus,” katanya.

Sementara, Komisioner KPID Provinsi Jawa Tengah bidang Isi Siaran, Dini Inayati mengatakan pihaknya mendorong sekali agar radio ini mendapat izin. “In house produksi yang tercantum di proposal 80%. Masih banyak siaran hiburan dan diharapkan kualitas siaran dapat ditingkatkan. Untuk siaran agama, siaram rohani bisa menghubungi para tokoh agama lokal secara on air di studio jadi sesuai dengan janji untuk memproduksi 85%,” sarannya.

Ia juga berharap agar radio Cafe FM dapat melatih penyiar agar bisa mendongeng yang baik dalam program anak. “Saya berharap ada komitmen untuk bisa menjadi kebanggaan dalam program acara. Juga membuat publikasi off air agar dikenali oleh masyarakat sehingga mau untuk mendengarkan radio ini,” harap Dini.

Iwan juga menyarankan agar ada mata acara Berita pada radio ini. “Mempunya reporter dan diusahakan ada rubrik berita yang diproduksi sendiri,” katanya.

Asep juga menyampaikan permohonan maaf karena adanya kesalahan persepsi dalam komunikasi, sehingga proses perizinan radio ini terbengkalai. (YK)