Siaran harus punya ciri khas daerah, tidak “Jakarta Centris”. Penyiar juga harus bangga daerahnya punya sumber daya alam yang bisa diekspos hingga nasional maupun internasional.

Hal tersebut disampaikan Ari Yusmindarsih, Komisioner Bidang Isi Siaran KPID Jawa Tengah, dalam Dialog Interaktif di Citra FM Wonosobo (15/9). Kegiatan ini mengusung tema Mengangkat Konten Pariwisata untuk Wujudkan Penyiaran Sehat di Jawa Tengah. Selain Ari, hadir pula sebagai narasumber Komisioner KPID Jawa Tengah, Sonakha Yuda; dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo.

Ari menambahkan bahwa kreativitas dibutuhkan untuk membuat program siaran yang menarik. “Tantangannya harus kreatif mengemas konten supaya keren, tidak ketinggalan zaman, dan digemari publik,” Ari memaparkan.

Sonakha Yuda juga menambahkan bahwa lembaga penyiaran memiliki tanggung jawab untuk mendukung pembangunan daerah, salah satunya dengan mengangkat potensi pariwisata agar lebih dikenal publik secara luas.

“Kawasan wisata dieng misalnya, ini bukan saja milih masyarakat Wonosobo, tapi sudah menjadi aset penting nasional. Ini potensi besar yang harus dioptimalkan,” tegas Sonakha.

Agus Wibowo menguatkan gagasan tersebut dan menuturkan bahwa keterlibatan lembaga penyiaran memang telah dijalankan sejak lama. “Lembaga penyiaran di Wonosobo kita ajak bareng-bareng, gotong-royong memakmurkan destinasi wisata di sini. Selanjutnya kita akan ekspansi untuk memperluas kerjasama dengan lembaga penyiaran di luar Wonosobo,” ungkapnya. (*)